panduan_pengguna

Wiki Gambut adalah sebuah sistem pengelolaan pengetahuan yang digunakan untuk mengelola pengetahuan tentang lahan gambut.

  1. Halaman Utama
    Halaman utama adalah laman pertama yang akan terbuka pada saat pengguna mengakses Wiki Gambut
  2. Navigasi/ Breadcrumbs
    Navigasi atau breadcrumbs adalah sebuah elemen pada suatu website yang memiliki fungsi sebagai navigasi halaman untuk memudahkan pengguna melihat laman apa saja yang telah diakses. Menu navigasi pada Wiki Gambut terdapat di bagian atas halaman Wiki Gambut
    image_1.jpg
  3. Nama Artikel
    Pengguna juga dapat mengetahui nama artikel yang sedang dikunjungi dengan cara melihat kotak biru yang berisi nama artikel di sebelah kanan-atas layar. Pada penamaan artikel, karakter spasi diganti menjadi garis bawah. Contohnya pada artikel berjudul Gambut Sumatera Selatan, penamaan nya menjadi gambut_sumatera_selatan
    image_2.jpg
  4. Menu Penyuntingan
    Pada laman yang ada di Doku Wiki terdapat tombol penyunting atau editor yang berfungsi sebagai alat untung menyunting laman. Terdapat 3 tombol yang digunakan untuk menyunting suatu laman:

    - Tombol Edit this page digunakan untuk menyunting suatu laman artikel.
    - Tombol Restore digunakan untuk mengembalikan revisi terdahulu dari suatu laman artikel.
    - Tombol Old Revision digunakan untuk melihat revisi terdahulu dari suatu laman artikel.
  5. Menu Pencarian
    Menu pencarian digunakan untuk mencari dan mengidentifikasi informasi di dalam database yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Menu pencatian pada Wiki Gambut terdapat di sebelah kanan-atas layar.
  6. Menu Login
    Menu login digunakan untuk masuk sebagai pengguna pada Wiki Gambut.
  7. Login sebagai kontributor
    Untuk masuk sebagai contributor dapat dilakukan dengan cara menekan tombol login yang ada pada sebelah kanan-atas layar. Halaman login akan muncul dan dapat diisi dengan memasukkan username dan password.
  8. Membuat artikel baru
    Artikel baru pada Wiki Gambut dapat dibuat dengan cara memasukkan kata kunci yang akan dibuat menjadi sebuah artikel pada menu pencarian yang terdapat di sebelah kanan-atas layar.

    Setelah kata kunci dimasukkan, pengguna akan dibawa ke laman baru yang berisi hasil pencarian. Tekan kata kunci yang akan dibuat yang ditandai dengan warna merah oleh Wiki Gambut.
    Pengguna akan dibawa ke halaman editor untuk menambahkan isi dari artikel tersebut. Nama artikel dapat dilihat pada sebelah kanan-atas layar yang berwarna biru.
  9. Tata cara penulisan artikel baru pada Wiki Gambut
    1. Judul Artikel
      Judul artikel diberi nama sesuai nama artikel yang dibuat dan diberi format menggunakan format Heading 3
    2. Badan Artikel
      badan artikel atau deskripsi artikel diberi format menggunakan format Normal
    3. Tinjauan Pustaka
      Jika pada suatu artikel terdapat tinjauan Pustaka, dapat dibuat dengan cara membuat garis horizontal sebagai perbatasan antara deskripsi artikel dan tinjauan Pustaka.
    4. Gambar Artikel
      Menambahkan gambar pada sebuah artikel dapat dilakukan dengan cara menekan tombol gambar yang ada pada peralatan editor

      Setelah itu akan muncul sebuah jendela untuk mengunggah sebuah gambar. Tekan tombol Browse server untuk mengunggah gambar yang akan dimasukkan
      Setelah menekan tombol browse server, pengguna akan dibawa ke jendela baru untuk mengunggah gambar yang akan digunakan. Tekan tombol Choose file untuk memilih gambar, setelah itu tekan tombol upload untuk mengunggah gambar. Setelah itu pilih gambar yang telah diunggah, lalu tekan tombol OK untuk memasukkan gambar ke dalam artikel.

    5. Menghubungkan Kata Kunci
      Setelah suatu artikel berhasil dibuat, untuk menghubungkan artikel tersebut ke kata kunci terkait dilakukan dengan cara mencari kata kunci tersebut pada sebuah artikel, setelah itu tekan tombol edit untuk menyunting artikel. Lakukan proses seleksi/ Highlight kata kunci yang akan dihubungkan, setelah itu tekan tombol hyperlink yang berlogo rantai di sebelah atas.
      Setelah jendela Link terbuka, ganti Link type menjadi internal link lalu isi kolom pada internal link dengan nama artikel/kata kunci yang telah dibuat dan tambahkan karakter titik dua (:) sebelum nama artikel/kata kunci, lalu tekan tombol OK
      :kata_kunci

      Jika berhasil, kata kunci tersebut akan berubah warna menjadi biru/hijau yang menandakan kata kunci telah berhasil dihubungkan. Jika kata kunci berubah warna menjadi merah, link tersebut belum berhasil dihubungkan.

    6. Penyuntingan Artikel
      Apabila pada saat melakukan penyuntingan artikel ada dua orang kontributor yang menyunting artikel yang sama, akan ada peringatan yang memberitahukan bahwa terdapat versi baru dari artikel yang sedang kita sunting juga disertai dengan perubahan nya.
    7. Artikel Versi Terdahulu
      Untuk melihat versi-versi terdahulu yang ada pada sebuah artikel di Wiki Gambut dapat dilihat dengan cara menekan tombol old revision yang ada pada sebelah kanan layar. Setelah itu pengguna akan dibawa menuju laman perbandingan versi. Versi terbaru pada sebuah artikel berada paling atas dan versi terdahulu berada paling bawah.
      Untuk melihat perbandingan versi terbaru dengan versi terdahulu dapat dilakukan dengan cara menekan tombol kacamata pada versi yang akan dibandingkan. Setelah itu akan muncul layar perbandingan versinya

      Untuk mengembalikan sebuah artikel menjadi versi terdahulu dapat dilakukan dengan memilih artikel yang akan dikembalikan terlebih dahulu. Kemudian pengguna dapat menekan tombol restore yang terletak pada sisi sebelah kanan artikel. Peringatan akan muncul terlebih dahulu sebelum artikel dikembalikan ke versi sebelumnya. Jika setuju maka pengguna dapat menekan tombol OK, jika tidak pengguna dapat menekan tombol cancel.
  • panduan_pengguna.txt
  • Last modified: 2022/02/04 01:06
  • by Yusi Septriandi